Abstract:
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Pengaruh Penerapan
Metode Debat Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP
Negeri 35 Makassar dengan Populasi berjumlah 246 siswa. Sampel
penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 35
Makassar yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan tes berbicara yang terdiri dari pretest dan posttest.
teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji t tes.
Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan berbicara siswa
kelas VIII-2 telah memadai. Hal ini terjadi karena hasil analisis data
menunjukan bahwa terdapat peningkatan persentase dilihat dari
pemerolehan rata-rata nilai sebelum dan sesudah menggunakan metode
debat siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar yaitu 40,18% menjadi
78,51%. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa
mencapai nilai dengan kategori telah mencapai KKM sebesar 78,51% dari
nilai KKM yaitu 78, dengan interval kemampuan dari jumlah siswa yang
memperoleh nilai 78 ke bawah pada nilai tes awal (pretest) adalah 96,29%
menurun pada nilai tes akhir (posttes) adalah 51,85%. Sedangkan jumlah
siswa yang memperoleh nilai 78 ke atas pada nilai tes awal (pretest)
adalah 3,7% meningkat pada nilai tes akhir (posttes) adalah 48,14%.