Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas
penerapan Pre-reading Activities dalam meningkatkan kemampuan
membaca dan memotivasi siswa untuk membaca. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode pre–experimental dengan satu
kelompok pre-test dan post-test yang dilakukan pada siswa SMPN 23
Makassar kelas VIII yang berjumlah 160 siswa yang tersebar ke dalam
empat kelas. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan
memilih kelas VIII-4 yang berjumlah 30 siswa sebagai sampel penelitian.
Data diperoleh melalui pemberian pre-test dan post-test dengan
menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 20
nomor. Pre-test digunakan untuk mengetahui kemampuan membaca
siswa sebelum perlakuan, dan post-test diberikan setelah perlakuan.
Analisis data penelitian menggunakan rumus statistik uji-t (t-test).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pre-reading
activities dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa SMPN 23
Makassar. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata pretest 68.3 lebih rendah dari nilai rata-rata pada post-test 82.2. Data hasil
nilai uji-t juga menunjukkan bahwa nilai uji-t adalah 7.172 lebih besar dari
t-table (2.045 ) pada tingkat significant (p) = 0,05 dan derajat kebebasan
(df) = 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pre-reading
activities yang diujicobakan di SMPN 23 Makassar ternyata cukup
berhasil. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya kemampuan
membaca siswa yang semula rendah menjadi lebih baik.