DSpace Repository

THE EFFECT OF PREVIEWING AS PRE-READING ACTIVITY TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF THE SECOND GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 23 MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author PONA, OKSELLIA WIDYASTUTI
dc.date.accessioned 2023-08-09T03:33:12Z
dc.date.available 2023-08-09T03:33:12Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.other 4512101131
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6781
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan Pre-reading Activities dalam meningkatkan kemampuan membaca dan memotivasi siswa untuk membaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre–experimental dengan satu kelompok pre-test dan post-test yang dilakukan pada siswa SMPN 23 Makassar kelas VIII yang berjumlah 160 siswa yang tersebar ke dalam empat kelas. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan memilih kelas VIII-4 yang berjumlah 30 siswa sebagai sampel penelitian. Data diperoleh melalui pemberian pre-test dan post-test dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 20 nomor. Pre-test digunakan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa sebelum perlakuan, dan post-test diberikan setelah perlakuan. Analisis data penelitian menggunakan rumus statistik uji-t (t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pre-reading activities dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa SMPN 23 Makassar. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata pretest 68.3 lebih rendah dari nilai rata-rata pada post-test 82.2. Data hasil nilai uji-t juga menunjukkan bahwa nilai uji-t adalah 7.172 lebih besar dari t-table (2.045 ) pada tingkat significant (p) = 0,05 dan derajat kebebasan (df) = 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pre-reading activities yang diujicobakan di SMPN 23 Makassar ternyata cukup berhasil. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya kemampuan membaca siswa yang semula rendah menjadi lebih baik. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject pre-reading activity en_US
dc.subject reading en_US
dc.subject reading comprehension en_US
dc.title THE EFFECT OF PREVIEWING AS PRE-READING ACTIVITY TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF THE SECOND GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 23 MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account