PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS VIII-10 SMP NEGERI 17 MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author JUNAIDI
dc.date.accessioned 2023-08-09T03:43:17Z
dc.date.available 2023-08-09T03:43:17Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.other 4511102083
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6783
dc.description.abstract Keterampilan menyimak berita merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa kelas VIII. Keterampilan menyimak tidak didapatkan secara alamiah, melainkan dengan cara latihan yang dilakukan secara teratur dan berulang-ulang. Penggunaan metode dan media pembelajaran yang tepat merupakan hal yang harus diperhatikan oleh guru agar tujuan pembelajaran menyimak berita dapat tercapai. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII-10 SMP Negeri 17 Makassar masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain dari faktor siswa dan faktor guru. Faktor dari siswa yaitu (1) siswa sering kali meremehkan pembelajaran menyimak, khususnya menyimak berita; (2) suasana kelas kurang kondusif; dan (3) siswa kesulitan untuk menemukan pokok-pokok berita. Sedangkan dari faktor guru yaitu penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat dan kurang bervariasi. Sebagai upaya memperbaiki kondisi tersebut, maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Media Audio dalam pembelajaran menyimak berita siswa kelas VIII-10 SMP Negeri 17 Makassar. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII-10 SMP Negeri 17 Makassar. Pengumpulan data pada tahap siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen nontes berupa pedoman observasi, jurnal, dan dokumentasi. Analisis data tes dilakukan secara kuantitatif, sedangkan data nontes dilakukan secara kualitatif. Proses pembelajaran menyimak berita menggunakan media audio berjalan dengan lancar dan kondusif. Hasil tes siklus I siswa mengalami peningkatan yaitu dari 59,84 menjadi 66,87. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 79,22 terjadi peningkatan sebesar 18,47% dari siklus I yaitu dari 66,87 menjadi 79,22. Adapun perilaku belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami perubahan ke arah yang positif. Perubahan perilaku belajar tersebut dapat dibuktikan dengan siswa yang menunjukan keantusiasan yang lebih baik selama proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II. Siswa awalnya kurang serius dalam pembelajaran menyimak berita, akhirnya menjadi serius dan semangat dalam mengikuti pembelajaran menyimak berita. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject keterampilan menyimak berita en_US
dc.subject media audio en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS VIII-10 SMP NEGERI 17 MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account