Abstract:
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh penggunaan
strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam menulis persuasi
siswa kelas VII SMP Negeri 35 Makassar.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen one group
pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa
kelas VII SMP Negeri 35 Makassar yang berjumlah 258 orang dan sampel
penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMP Negeri 35 Makassar yang
berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan tes esai.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat pengaruh
dari segi keterampilan menulis persuasi siswa VII-4 SMP Negeri 35
Makassar. Hal ini terjadi karena hasil analisis data menunjukan bahwa
persentase dilihat dari pemerolehan rata-rata nilai sebelum dan sesudah
menggunakan strategi pembelajaran think talk write (TTW) siswa kelas VII
SMP Negeri 35 Makassar yaitu 64,87% menjadi 81,00%. Jadi, nilai
perolehan siswa jika dilihat dari tes awal (pretest), siswa yang
memperoleh nilai di bawah 80 adalah 66,67% dan siswa yang
memperoleh nilai di atas 80 adalah 24,24%. Sedangkan nilai siswa dilihat
dari tes akhir (posttes), siswa yang memperoleh nilai di bawah 80 adalah
36,36% dan siswa yang memperoleh nilai di atas 80 adalah 75,76%.
Sehingga dari hasil tersebut, diketahui bahwa terdapat pengaruh strategi
pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam menulis persuasi siswa kelas
VII-4 SMP Negeri 35 Makassar.