Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh bauran
pemasaran terhadap peningkatan volume penjualan dan menganalisis variabel
yang dominan berpengaruh terhadap volume penjualan rumah pada PT Bosowa
Propertindo di Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi
dan sampel penelitian berdasarkan perolehan data selama lima tahun (2011 –
2015) atas volume penjualan rumah. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi dan teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Regresi
Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran tidak
berpengaruh signifikan terhadap peningkatan volume penjualan rumah pada PT
Bosowa Propertindo di Makassar. Produk perumahan yang dipasarkan dengan
harga yang tinggi sihingga daya beli konsumen terhadap produk rumah itu sangat
berkurang, melalui penerapan promosi dilihat dari kegiatan periklanan yang
diterapkan oleh perusahaan. Dan variabel yang dominan berpengaruh terhadap
volume penjualan rumah pada PT Bosowa Propertindo di Makassar adalah
promosi. berdasarkan hasil analisis statistik nilai koefisien regresi yang
menunjukkan nilai tertinggi diantara variabel bebas lainnya. Berarti Promosi
dapat meningkatkan volume penjualan produk rumah pada PT Bosowa
Propertindo.