Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan siswa kelas VIII
SMP Negeri 35 Makassar dalam membaca kreatif. Pada dasarnya
penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Populasi
penelitian ini adalah “ seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar
berjumlah 327 ”. Sampel penelitian ini adalah 33 orang siswa. Teknik
pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara melakukan tes
kemampuan membaca kreatif siswa selama proses pembelajaran yang
berlangsung dan melakukan pengukuran pemahaman belajar melalui tes
yang diberikan di kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar.
Dalam proses menganalisis data, penulis menganalisis data dengan
cara mengklasifikasi skor rata-rata yaitu 89,30 skor tertinggi yaitu 98 skor
terendah yaitu 80. Dari hasil anlisis, siswa yang memperoleh nilai 81ke
atas yaitu, 29 orang dengan jumlah nilai 2627, dan persentasenya
(87,87%), dan siswa yang memperoleh nilai di bawa 81 atau kurang dari
81 yaitu, 4 orang dengan jumlah nilai 320 dan persentasenya (12%)
Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa,
kemampuan membaca kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar
dinyatakan memadai dan dinyatakan telah berhasil berdasarkan kriteria
menulis dongeng, yaitu siswa mampu menulis dongeng karena
persentase ketuntasan mencapai di atas 85%