Abstract:
Masalah dalam penelitian ini yakni kurangnya hasil belajar
keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan
kemampuan menulis puisi dengan menggunakan metode Clustering pada
siswa kelas VIII-A SMP Negeri 8 Makassar? Adapun penelitian ini bertujuan
untuk memaparkan penerapan metode clustering dalam meningkatkan
keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII-A SMP Negeri 8 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Tiap siklusnya
dilaksanakan dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan
metode clustering dan hasil belajar pada aspek keterampilan menulis puisi. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 8 Makassar. Subjek penelitian adalah
37 orang siswa yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus
I berada pada kategori kurang aktif dan pada siklus II menjadi kategori aktif. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar keterampilan menulis
puisi bebas siswa dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori baik
pada siklus II. Dengan demikian, penerapan metode clustering dapat
meningkatkan hasil belajar dan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas
VIII-A SMP Negeri 8 Makassar.