Abstract:
BRAYVAN LAGA.Skripsi.2023. Analisis Saluran Rantai Pasok Pemasaran
Kelapa Sawit Di Dusun Rante Paccu Kecamatan Baebunta Kab. Luwu Utara
dibimbing oleh Dr. Thamrin Abduh, SE., M.Si dan Ahmad Jumarding, SE., MM
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui saluran rantai pasok pemasaran,
margin, farmer’s share dan efesiensi pemasaran kelapa sawit atau tandan buah segar
(TBS) di Dusun Rante Paccu Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu
Utara.populasi dari penelitian ini sebanyak 300 kemudian peneliti mengambil
sampel sebanyak 10% dari total populasi yaitu berjumalah 30 orang. untuk lembaga
pemasaran dilakukan dengan metode snowball sampling, terpilih: 1 pedagang
pengepul, 2 pedagang menengah dan 1 pedagang besar. Analisis data yang
digunakan adalah analisis kualitatif, analisis saluran pemasaran, analisis margin
pemasaran, keuntungan, farmer’s share dan efisiensi pemasaran.
Hasil penelitian menunjukan pada saluran pemasaran di Dusun Rante Paccu ada 3
saluran yakni : saluran I (produsen-pedagang pengepul Dusun Rante Paccupedagang besar Dusun Rante Paccu-Pabrik kelapa sawit), saluran 3 (konsumenpedagang menengah Dusun Rante Paccu-Pedagang besar Dusun Rante PaccuPabrik kelapa sawit) dan saluran III (Produsen-pedagang besar Dusun Rante PaccuPabrik Kelapa sawit). Margin untuk setiap saluran pemasaran yaitu saluran
pemasaran pada saluran pemasaran I dan II memiliki margin yang sama sebesar
Rp.550/kg dan total margin saluran pemasaran III sebesar 200/kg. Disisi lain
lemabaga pemasaran yang memiliki efesiensi pemasaran tingkat paling efesien
yaitu pada saluran oemasaran III yakni 19,09% dengan jumlah farmer’s share
sebesar 89,79% dan pada lembaga saluran pemasaran I dan II memiliki efesiensi
dengan tingkat efesien sebesar 23,83% dengan jumlah farmer’s share sebesar
71,79%