DSpace Repository

ANALISIS SALURAN RANTAI PASOK PEMASARAN KELAPA SAWIT DI DUSUN RANTE PACCU KECAMATAN BAEBUNTA KABUPATEN LUWU UTARA

Show simple item record

dc.contributor.author Laga, Brayvan
dc.date.accessioned 2023-10-13T03:33:08Z
dc.date.available 2023-10-13T03:33:08Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other : 4519012075
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6954
dc.description.abstract BRAYVAN LAGA.Skripsi.2023. Analisis Saluran Rantai Pasok Pemasaran Kelapa Sawit Di Dusun Rante Paccu Kecamatan Baebunta Kab. Luwu Utara dibimbing oleh Dr. Thamrin Abduh, SE., M.Si dan Ahmad Jumarding, SE., MM Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui saluran rantai pasok pemasaran, margin, farmer’s share dan efesiensi pemasaran kelapa sawit atau tandan buah segar (TBS) di Dusun Rante Paccu Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara.populasi dari penelitian ini sebanyak 300 kemudian peneliti mengambil sampel sebanyak 10% dari total populasi yaitu berjumalah 30 orang. untuk lembaga pemasaran dilakukan dengan metode snowball sampling, terpilih: 1 pedagang pengepul, 2 pedagang menengah dan 1 pedagang besar. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, analisis saluran pemasaran, analisis margin pemasaran, keuntungan, farmer’s share dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukan pada saluran pemasaran di Dusun Rante Paccu ada 3 saluran yakni : saluran I (produsen-pedagang pengepul Dusun Rante Paccupedagang besar Dusun Rante Paccu-Pabrik kelapa sawit), saluran 3 (konsumenpedagang menengah Dusun Rante Paccu-Pedagang besar Dusun Rante PaccuPabrik kelapa sawit) dan saluran III (Produsen-pedagang besar Dusun Rante PaccuPabrik Kelapa sawit). Margin untuk setiap saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran pada saluran pemasaran I dan II memiliki margin yang sama sebesar Rp.550/kg dan total margin saluran pemasaran III sebesar 200/kg. Disisi lain lemabaga pemasaran yang memiliki efesiensi pemasaran tingkat paling efesien yaitu pada saluran oemasaran III yakni 19,09% dengan jumlah farmer’s share sebesar 89,79% dan pada lembaga saluran pemasaran I dan II memiliki efesiensi dengan tingkat efesien sebesar 23,83% dengan jumlah farmer’s share sebesar 71,79% en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Kelapa Sawit en_US
dc.subject Saluran Rantai Pasaok en_US
dc.title ANALISIS SALURAN RANTAI PASOK PEMASARAN KELAPA SAWIT DI DUSUN RANTE PACCU KECAMATAN BAEBUNTA KABUPATEN LUWU UTARA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account