Abstract:
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan mendeskripsikan
peningkatan keterampilan menulis puisi dengan Menggunakan Metode
Kooperatif Tipe Think Pair Share pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 25
Makassar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 25
Makassar dengan jumlah 33 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam
dua siklus, yang diawali dengan tahap perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara, dan teknik tes.
Berdasarkan hasil dan pembahasan pada penelitian tindakan kelas (PTK)
ini, hasil pengelolaan data menunjukkan bahwa pembelajaran menulis
puisi lebih efektif jika menggunakan Metode Kooperatif Tipe Think Pair
Share. Keberhasilan pembelajaran menulis puisi dapat dilihat dari hasil tes
siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 25 Makassar sebagai subjek penelitian
yang dinilai berdasarkan 6 kategori.
Hasil yang dicapai pada siklus pertama, siswa yang tuntas
sebanyak 19 orang dan siswa yang tidak tuntas atau sebanyak 14 orang.
Pada siklus 2, siswa yang tuntas sebanyak 30 orang . Siswa yang tidak
mencapai KKM ada 3 orang s karena mendapat nilai kurang dari 80.