DSpace Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 25 MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author SULAIMAN
dc.date.accessioned 2023-10-16T01:23:23Z
dc.date.available 2023-10-16T01:23:23Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.other 4511102057
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6976
dc.description.abstract Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Think Pair Share pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 25 Makassar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 25 Makassar dengan jumlah 33 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yang diawali dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara, dan teknik tes. Berdasarkan hasil dan pembahasan pada penelitian tindakan kelas (PTK) ini, hasil pengelolaan data menunjukkan bahwa pembelajaran menulis puisi lebih efektif jika menggunakan Metode Kooperatif Tipe Think Pair Share. Keberhasilan pembelajaran menulis puisi dapat dilihat dari hasil tes siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 25 Makassar sebagai subjek penelitian yang dinilai berdasarkan 6 kategori. Hasil yang dicapai pada siklus pertama, siswa yang tuntas sebanyak 19 orang dan siswa yang tidak tuntas atau sebanyak 14 orang. Pada siklus 2, siswa yang tuntas sebanyak 30 orang . Siswa yang tidak mencapai KKM ada 3 orang s karena mendapat nilai kurang dari 80. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject kooperatif, menulis, puisi en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 25 MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account