Abstract:
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan
menulis paragraf narasi dengan menggunakan media gambar dalam
pembelajaran bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII
SMP Salo Kayu IV Kabupaten Mamuju. Jumlah siswa sebanyak 45 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas (classroom action research) pelaksanaannya terdiri atas dua siklus dan
setiap siklus terdiri atas empat tahapan. Tahapan dalam setiap siklus tersebut
adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan media gambar dalam
pembelajaran menulis paragraf narasi dapat meningkat secara maksimal sesuai
dengan indikator pembelajaran yang diinginkan. Keberhasilan pembelajaran
menulis paragraf narasi dapat dilihat dari tes siswa SMP Salo Kayu IV
Kabupaten Mamuju sebagai subjek penelitian dalam menulis paragraf narasi
yang dinilai berdasarkan 5 kategori. Hasil yang diperoleh pada siklus I adalah 27
orang siswa sampel yang mencapai nilai 73 ke atas atau 60%, sedangkan pada
siklus II adalah 39 orang siswa sampel yang memperoleh nilai 73 ke atas atau
86.67%.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan
menulis paragraf narasi dengan menggunakan media gambar dalam
pembelajaran bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII
SMP Salo Kayu IV Kabupaten Mamuju. Jumlah siswa sebanyak 45 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas (classroom action research) pelaksanaannya terdiri atas dua siklus dan
setiap siklus terdiri atas empat tahapan. Tahapan dalam setiap siklus tersebut
adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan media gambar dalam
pembelajaran menulis paragraf narasi dapat meningkat secara maksimal sesuai
dengan indikator pembelajaran yang diinginkan. Keberhasilan pembelajaran
menulis paragraf narasi dapat dilihat dari tes siswa SMP Salo Kayu IV
Kabupaten Mamuju sebagai subjek penelitian dalam menulis paragraf narasi
yang dinilai berdasarkan 5 kategori. Hasil yang diperoleh pada siklus I adalah 27
orang siswa sampel yang mencapai nilai 73 ke atas atau 60%, sedangkan pada
siklus II adalah 39 orang siswa sampel yang memperoleh nilai 73 ke atas atau
86.67%.