PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP SALO KAYU IV KABUPATEN MAMUJU

Show simple item record

dc.contributor.author YUDIAWATI
dc.date.accessioned 2023-10-16T01:59:07Z
dc.date.available 2023-10-16T01:59:07Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.other 4511102214
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6983
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis paragraf narasi dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Salo Kayu IV Kabupaten Mamuju. Jumlah siswa sebanyak 45 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) pelaksanaannya terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri atas empat tahapan. Tahapan dalam setiap siklus tersebut adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan media gambar dalam pembelajaran menulis paragraf narasi dapat meningkat secara maksimal sesuai dengan indikator pembelajaran yang diinginkan. Keberhasilan pembelajaran menulis paragraf narasi dapat dilihat dari tes siswa SMP Salo Kayu IV Kabupaten Mamuju sebagai subjek penelitian dalam menulis paragraf narasi yang dinilai berdasarkan 5 kategori. Hasil yang diperoleh pada siklus I adalah 27 orang siswa sampel yang mencapai nilai 73 ke atas atau 60%, sedangkan pada siklus II adalah 39 orang siswa sampel yang memperoleh nilai 73 ke atas atau 86.67%.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis paragraf narasi dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Salo Kayu IV Kabupaten Mamuju. Jumlah siswa sebanyak 45 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) pelaksanaannya terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri atas empat tahapan. Tahapan dalam setiap siklus tersebut adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan media gambar dalam pembelajaran menulis paragraf narasi dapat meningkat secara maksimal sesuai dengan indikator pembelajaran yang diinginkan. Keberhasilan pembelajaran menulis paragraf narasi dapat dilihat dari tes siswa SMP Salo Kayu IV Kabupaten Mamuju sebagai subjek penelitian dalam menulis paragraf narasi yang dinilai berdasarkan 5 kategori. Hasil yang diperoleh pada siklus I adalah 27 orang siswa sampel yang mencapai nilai 73 ke atas atau 60%, sedangkan pada siklus II adalah 39 orang siswa sampel yang memperoleh nilai 73 ke atas atau 86.67%. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP SALO KAYU IV KABUPATEN MAMUJU en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account