Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca bukan
hanya mampu membaca lambang-lambang bahasa yang tertuang dalam
bentuk tulisan, melainkan mampu membaca serta memahami informasi.
Baik yang bersifat kognitif maupun yang bersifat afektif. Untuk itu penulis
berupaya untuk mengkaji secara ilmiah mengenai kemampuan membaca
skimming di SMP Negeri 8 Makassar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana
kemampuan membaca skimming siswa kelas VII SMP Negeri 8 Makassar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif, yaitu untuk memaparkan hasil penelitian sesuai dengan
keadaan dan sifat data yang telah diperoleh di tempat yang telah dijadikan
sebagai objek penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan
siswa kelas VII SMP Negeri 8 Makassar yang berjumlah 409 orang.
Penarikan sampel dilakukan secara acak atau random yaitu sebanyak 41
orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai
70 ke atas sebanyak 37 orang siswa (90,44%) dari 41 orang siswa sampel
dan siswa yang mendapat nilai kurang dari 65 sebanyak 41 orang siswa
(9,56%). Hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan
membaca skimming siswa kelas VII SMP Negeri 8 Makassar telah
memadai.