Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan
menulis pantun siswa. Kenyataan tersebut menunjukkan masih perlu
diadakan perbaikan secara terus menerus terhadap mutu pengajaran
bahasa dan sastra dalam aspek keterampilan menulis, khususnya menulis
pantun.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan
menulis pantun siswa kelas VII-5 SMP Negeri 35 Makassar.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik tes. Penelitian
ini digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa menulis pantun.
Jumlah sampel yang diambil 32 siswa/responden.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan kerja siswa
SMP Negeri 35 Makassar termasuk baik. Kompetensi siswa SMP Negeri
35 Makassar dan proses pembelajaran di SMP Negeri 35 Makassar
sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan belajar
siswa terhadap proses pembelajaran di SMP Negeri 35 Makassar. Hal
tersebut menunjukkan bahwa jumlah dari 32 siswa yang menjadi sampel
penelitian ini diketahui bahwa nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah
95 nilai terendah yang diperoleh siswa 70. Nilai rata-rata yang diperoleh
siswa adalah 81,87 dan modus atau jumlah nilai terbanyak diperoleh
siswa adalah 80 pada rentang nilai 55-100. Melihat kemampuan menulis
pantun siswa kelas VII-5 SMP Negeri 35 Makassar meningkat.