Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
kemamapuan menulis siswa dalam meringkas cerita dengan
menggunakan video drama di kelas VIII SMPN 25 Makassar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah preeksperimental dengan desain satu kelas untuk diberikan pre-test dan posttest di kelas VIII.9 SMPN 25 Makassar pada tahun akademik 2016/2017.
Subjek penelitian sebanyak 20 siswa dari total populasi 270 siswa yang
tersebar ke dalam 11 kelas. Dan setiap kelasnya terdiri atas 24 siswa.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa di SMPN 25 Makassar
terdapat pengaruh menggunakan strategi video drama pada kemampuan
menulis siswa. Setelah membandingkan hasil pre-test dan post-test
terdapat peningkatan sebesar 82%. Dengan demikian dapat di simpulkan
bahwa dengan menonton video drama dapat memberikan pengaruh yang
positif pada kemampuan menulis siswa kelas VIII.9 SMPN 25 Makassar