DSpace Repository

ELECTRONIC TRAFFIC LAW ENFORCEMENT DALAM MENCIPTAKAN KETERTIBAN BERLALU LINTAS DI KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author FITRI
dc.date.accessioned 2023-10-16T08:54:31Z
dc.date.available 2023-10-16T08:54:31Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other 4517021043
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/7038
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat efektifitas dari kebijakan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) di Kota Makassar. Informan terdiri dari unsur pimpinan pada Direktorat Jendral Lalu Lintas; unsur pelaksana pada Polrestabes Kota Makassar; dan unsur penerima layanan yaitu masyarakat dengan menggunakan metode kualitatif jenis deksriptif. Fokus penelitian ini terkait implementasi dari kebijakan ini serta pengukuran efektifitas dari implementasi E-TLE. Data penelitian diperoleh melalui hasil observasi, telaah dokumen, dan wawancara yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi dari E-TLE dapat diukur dengan dua unsur yaitu policy output dan policy outcomes serta untuk mengukur tingkat efektifitas dari penerapan E-TLE dengan pengukuran efektifitas kebijakan yang terdiri dari efisiensi, kepuasan, keunggulan, dan pengembangan. Pada hasil penelitian yang diperoleh bahwa implementasi dari E-TLE ini masih dalam tahap jangka awal dengan penerapan program yang baru berjalan tiga bulan terhitung dari Maret hingga Juni walaupun sebelumnya gagal pada tahun 2019 disebabkan penggunaan kamera CCTV bukan berjenis ANPR sehingga pada tahun 2021 E-TLE kembali dioperasikan dengan mengatasi hambatan pada pelaksanaan sebelumnya yaitu penggantian kamera CCTV yang biasa menjadi kamera CCTV berjenis Automatic Plate Number Registration (ANPR). Sedangkan dalam pengukuran efektifitas ternyata E-TLE di Kota Makassar belum dapat dikatakan efektif karena target sasaran yang ditujukan masih sebatas pengguna kendaraan roda empat dengan jenis pelanggaran yang terdeteksi ialah penggunaan seatbelt dan Handphone saat berkendara. Sedangkan untuk mewujudkan ketertiban berlalu lintas di Kota Makassar sebaiknya target sasaran dalam penerapan ETLE di Kota Makassar maka seluruh pengguna kendaraan dapat ditindak dengan cara elektronik melalui E-TLE serta jenis pelanggaran dapat lebih banyak daripada sebelumnya. Sehingga efektifitas dari penerapan E-TLE di Kota Makassar belum termasuk dalam kategori efektif. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject ANPR en_US
dc.subject CCTV en_US
dc.subject E-TLE en_US
dc.subject Kebijakan en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.title ELECTRONIC TRAFFIC LAW ENFORCEMENT DALAM MENCIPTAKAN KETERTIBAN BERLALU LINTAS DI KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account