Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran keterampilan
berbicara Bahasa Indonesia sebelum penerapan metode permainan broken
triangle, mendeskripsikan gambaran keterampilan berbicara Bahasa Indonesia
setelah penerapan metode permainan broken triangle dan mendeskripsikan
pengaruh penerapan metode permainan broken triangle terhadap keterampilan
berbicara Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV di SDN Maradekaya 2 Makassar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN
Maradekaya 2 Makassar sebanyak 40 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu
IV-A dan IV-B. Melalui penentuan secara acak terpilih kelas IV-B sebagai kelas
eksperimen dan kelas IV-A sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan
metode obervasi menggunakan lembar penilaian keterampilan berbicara dan
dokumentasi kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan berbicara Bahasa
Indonesia pada siswa kelas IV SDN Maradekaya 2 Makassar sebelum penerapan
metode permainan broken triangle berada pada kategori rendah dengan nilai ratarata sebesar 63,00; (2) keterampilan berbicara Bahasa Indonesia pada siswa kelas
IV SDN Maradekaya 2 Makassar setelah penerapan metode permainan broken
triangle berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 81,40;
(3) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode permainan broken
triangle terhadap keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SDN
Maradekaya 2 Makassar, terbukti dari pengujian hipotesis yang menghasilkan
nilai p = 0,000.