| dc.contributor.author | WAHYUNI | |
| dc.date.accessioned | 2023-10-16T09:17:20Z | |
| dc.date.available | 2023-10-16T09:17:20Z | |
| dc.date.issued | 2022 | |
| dc.identifier.other | 4620106016 | |
| dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/7045 | |
| dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran keterampilan berbicara Bahasa Indonesia sebelum penerapan metode permainan broken triangle, mendeskripsikan gambaran keterampilan berbicara Bahasa Indonesia setelah penerapan metode permainan broken triangle dan mendeskripsikan pengaruh penerapan metode permainan broken triangle terhadap keterampilan berbicara Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV di SDN Maradekaya 2 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Maradekaya 2 Makassar sebanyak 40 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu IV-A dan IV-B. Melalui penentuan secara acak terpilih kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-A sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan metode obervasi menggunakan lembar penilaian keterampilan berbicara dan dokumentasi kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan berbicara Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Maradekaya 2 Makassar sebelum penerapan metode permainan broken triangle berada pada kategori rendah dengan nilai ratarata sebesar 63,00; (2) keterampilan berbicara Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Maradekaya 2 Makassar setelah penerapan metode permainan broken triangle berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 81,40; (3) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode permainan broken triangle terhadap keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SDN Maradekaya 2 Makassar, terbukti dari pengujian hipotesis yang menghasilkan nilai p = 0,000. | en_US |
| dc.publisher | UNIVERSITAS BOSOWA | en_US |
| dc.subject | metode permainan broken triangle | en_US |
| dc.subject | keterampilan berbicara, Bahasa Indonesia | en_US |
| dc.title | PENGARUH PENERAPAN METODE PERMAINAN BROKEN TRIANGLE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN MARADEKAYA 2 MAKASSAR | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |