Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan
keterampilan menulis puisi anak-anak dengan menggunakan pendekatan
kontekstual kelas IV UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal IV Kota Makassar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Kemmis dan Mc
Taggart yang terdiri dari dua siklus. Sampel penelitian ini adalah peserta didik
kelas IV-A sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian peningkatan keterampilan
menulis puisi anak-anak dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada
siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas adalah 64,4% dan pada siklus II diperoleh
nilai rata-rata diperoleh kelas adalah 85,4%. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa pendekatan kontekstual dapat peningkatan keterampilan menulis puisi
anak-anak