Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan unutuk dapat mengetahui
Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT). Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua
siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Subjek
Penelitian ini adalah Siswa Kelas V Yang berjumlah 28 orang yang terdiri dari 16
laki-laki dan 12 perempuan. Lokasi dan waktu penelitian di UPT SPF SDN
Pampamg Kota Makassar Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun
pelajaran 2022/2023. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes,
dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis
kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I diperoleh dilai rata-rata hasil
belajar Bahasa Indonesia 70,5 dan berada pada kategori cukup, pada siklus II nilai
rata-rata hasil belajara Bahasa Indonesia 8.1 kategori baik sekali. Ketuntasan
kempampuan Belajar Bahasa Indonesia kelas V UPT SPF SDN Pampang Kota
Makassar juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, dari 12(42,86%) murid
mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II sebanyak 24 (85,71%)
murid mencapai ketuntasan belajar dan ketuntasan belajar klasikal tercapai. Hal
ini berarti ketuntasan belajar pada siklus II tercapai secara klasikal karena jumlah
murid yang tuntas mencapai 80%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, dapat disimpulkan hasil
belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Number Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas V UPT SPF SDN Pampang
Kota Makassar. Mengalami Peningkatan.