Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh
kompetensi, pelatihan dan lingkungan kerja terhadap penguasaan teknologi
informasi, untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kompetensi, pelatihan
dan lingkungan kerja terhadap kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan,
untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penguasaan teknologi informasi
terhadap kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, serta untuk
menganalisis pengaruh kompetensi, pelatihan dan lingkungan kerja terhadap
kinerja pendidik dan tenaga kependidikan melalui penguasaan teknologi informasi
pada Sekolah Dasar Negeri Gugus I Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali
Mandar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil
sampel yakni tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berjumlah sebanyak
82 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan teknik analisis
data menggunakan analisis jalur. Hasil temuan bahwa kompetensi, pelatihan dan
lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap penguasaan
teknologi informasi. Kompetensi, pelatihan dan lingkungan kerja dan penguasaan
teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga
pendidik dan tenaga kependidikan. Sedangkan hasil uji sobel test bahwa
penguasaan kerja dapat memediasi pengaruh kompetensi, pelatihan dan
lingkungan kerja terhadap kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pada
Sekolah Dasar Negeri Gugus I Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali
Mandar. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R2
) sebesar 0,783 yang artinya
kompetensi, pelatihan dan lingkungan kerja memiliki pengaruh terhadap
penguasaan teknologi informasi sebesar 78,30% yang berarti pengaruh
kompetensi, pelatihan dan lingkungan kerja terhadap penguasaan teknologi
informasi itu cukup besar hampir mendekati angka 1 dan 21,70% dipengaruhi
oleh faktor-faktor lain.