Abstract:
. Berdasarkan peta geologi regional pembangunan jalur kareta api
lintas Makassar-Pare pare sebagaian besar berada pada kawasan alluvial
atau lapisan lempung lunak. Dengan beban rencana menggunakan beban
gandar 22,5 ton maka diperlukan adanya desain konstruksi timbunan yang
memadai dan efisien. Tujuan Penelitian ini untuk menganalisa perbaikan
tanah dengan menggunakan geotextile pada tanah timbunan paket CT.407
antara KM 32+730 s/d Km. 34+130. Data yang dibutuhkan pada penelitian
ini berupa data primer meliputi data hasil pengujian tanah sondir dan
pengujian bor dan data sekunder berupa gambar shop drawing terdiri dari
gambar lay out, potongan memanjang dan melintang.Hasil penelitian ini
didapatkan perbaikan tanah pada lokasi timbunan terekstrem yaitu pada
Km. 34+000 dengan menggunakan geotextile geokomposit 3 lapis
sedangkan jika digunakan perbaikan tanah menggunakan dolken maka
digunakan dolken diameter 10 cm panjang 4 meter dan jarak pemasangan
1 m.