Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh celebrity
worship terhadap perilaku konsumtif pada penggemar JKT48. Adapun teknik
penelitian menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode
purposive sampling. Penelitian ini terdiri dari 543 responden penggemar JKT48
berusia 18-40 tahun. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini yaitu skala
perilaku konsumtif yang dikonstruksi oleh Wati Simalongo (2020) dan skala siap
pakai celebrity Aritide scale yang sudah diadaptasi oleh Anastasia, Farhana &
Rabbin (2020). Analisis penelitian ini menggunakan metode linier sederhana
dengan bantuan SPSS 22.0 for windows. Hasil diperoleh menunjukan bahwa
celebrity worship berpengaruh terhadap perilaku konsumtif dengan besaran
pengaruh sebesar 21.3% dengan nilai signifikasi 0.000 (p<0.05) dengan arah
pengaruh positif, artinya semakin tinggi celebrity worship maka semakin tinggi
perilaku konsumtif.