Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi
review untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa di SMAN 18 Makassar.
Penelitian ini difokuskan pada penelitian pre-eksperimental one group pretest dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN
18 Makassar. Penulis mengambil satu kelas dari populasi sasaran penelitian.
Sampel yang akan digunakan adalah kelas XI IPA 3, jumlah sampel 36 siswa.
Data diperoleh dari tes menulis.
Hasil penelitian ini menggunakan analisis inferensial uji-t dengan SPSS
v.16, yang menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap skor rata-rata
keterampilan menulis siswa antara pretest dan post-test. Nilai rata-rata tulisan
siswa meningkat dari 55,10 pada pretest menjadi 88,90 pada posttest. Nilai
signifikansi hitung 0,000 lebih kecil dari 0,05 (P-value = 0,000 < 0,05). Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi review berpengaruh untuk
meningkatkan keterampilan menulis siswa di SMAN 18 Makassar.