Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas model
concept sentence dalam pembelajaran menulis deskripsi siswa kelas X IPS SMA
Negeri 15 Makassar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain
penelitian One Grup Pretest-Posttest, yaitu memberikan tes sebelum adanya
perlakuan, kemudian memberikan tes setelah adanya perlakuan dengan
menggunakan model concept sentence. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X
IPS-1 sebanyak 34 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan.
Teknik pengumpulan data yang dingunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes
dan observasi yang dianalisis menggunakan SPSS 26 for windows. Hasil analisis
data belajar siswa setelah diterapkan model concept sentence menunjukkan bahwa
skor rata-rata peserta didik setelah dilaksanakan model pembelajaran terbilang
efektif atau meningkat hal itu dapat dilihat dari hasil tes posttest yang mengalami
peningkatan yang signifikan atau lebih tinggi dibandingkan sebelum
menggunakan model pembelajaran hal itu dilihat pada hasil pretest. dengan
menggunakan model concept sentence dalam pembelajaran menulis deksripsi
kepada siswa terdapat keefektifan. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian nilai
siswa sebelum dan sesudah belajar menggunakan model concept sentence dalam
pembelajaran menulis deskripsi pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 15
Makassar