Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prinsip pelayanan dan
bagaimana standar pelayanan serta apa saja faktor pendukung dan penghambat
pelayanan pada Rumah Tahanan Negara Kelas II B Pinrang. Pada penelitian ini
jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara serta
dokumentasi. Sementara itu informan pada penelitian yang dilakukan di lokasi
dalam penelitian ini yakni sebanyak 19 orang, dimana 11 orang Pegawai Rutan, 2
orang pengunjung rutan, dan 6 orang tahanan Rutan kelas II B Pinrang.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan tahanan
dengan adanya prinsip pelayanan dikatakan sudah berjalan dengan baik, hal
tersebut berdasarkan hasil pengamatan bahwa pelaksanaan pelayanan tahanan
sudah sesuai dengan adanya SOP (Standar Operasional Prosedur yang sudah
ditetapkan. Walaupun demikian terdapat hambatan dalam melaksanakan pemberian
pelayanan, yaitu: Pemberian remisi kepada tahanan yang membuat keterlambatan
dan menjadi penghambat dalam memberikan pelayanan kepada tahanan.