Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh model
pembelajaran cooperative integrated reading anda composition (CIRC) terhadap
keterampilan menemukan ide pokok paragraf pada siswa kelas v SDN 001 Center
Mambi Kabupaten Mamasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan desain Eksperimen One Group pre-test post-test. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas V SDN 001 Center Mambi Kabupaten Mamasa dengan jumlah
22 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik
dokumentasi, dan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis, uji
normalitas, dan uji homogenitas.
Hasil penelitian ini, diketahui bahwa pada nilai rata-rata pretest 48,63 dan
nilai rata-rata postest adalah 85. Dengan demikian penelitian dikatakan berhasil
karena adanya peningkatan nilai hasil rata-rata sebelum dan setelah diberikan
perlakuan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Anda
Composition (CIRC).