Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh
ketersediaan fasilitas pembelajaran terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa
kelas IV di UPT SD Negeri 17 Sa’dan Kabupaten Toraja Utara. Jenis penelitian
ini adalah penelitian korelasi dengan desain penelitian yang menggambarkan
hubungan anatar variabel atau beberapa variabel yaitu variabel bebas dan variabel
terikat. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 16 orang. Penelitian
dilaksanakan selama 4 hari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik observasi, Angket, dan dokumentasi yang dianalisis
dengan mengunakan SPSS versi 26.
Hasil penelitian untuk hipotesis pertama menunjukkan bahwa tidak tidak
terdapat pengaruh ketersediaan fasilitias pembelajaran terhadap motivasi belajar
siswa kelas IV di UPT SD Negeri 17 Sa’dan Kabupaten Toraja Utara. Hal ini
dapat dilihat berdasarkan hasil analisis uji korelasi pearson yang diperoleh 0,234
dan menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,384. Sedangkan untuk hipotesis
yang kedua menunjukkan terdapat pengaruh ketersediaan fasilitas pembelajaran
terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di UPT SD Negeri 17 Sa’dan Kabupaten
Toraja Utara. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis uji korelasi pearson
yang diperoleh sebesar 0,531 dan menunjukkan hasil signifikansi sebesar 0,034.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang
rendah antara ketersediaan fasilitas pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa
dan terdapat hubungan positif sedang antara ketersediaan fasilitas pembelajaran
terhadap prestasi belajar siswa.