ANALISIS PENGARUH KETERSEDIAAN FASILITAS PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI UPT SD NEGERI 17 SA’DAN KABUPATEN TORAJA UTARA

Show simple item record

dc.contributor.author PAGILING, KATRIEME
dc.date.accessioned 2023-10-19T01:42:58Z
dc.date.available 2023-10-19T01:42:58Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4521103061
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/7291
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh ketersediaan fasilitas pembelajaran terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas IV di UPT SD Negeri 17 Sa’dan Kabupaten Toraja Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan desain penelitian yang menggambarkan hubungan anatar variabel atau beberapa variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 16 orang. Penelitian dilaksanakan selama 4 hari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, Angket, dan dokumentasi yang dianalisis dengan mengunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian untuk hipotesis pertama menunjukkan bahwa tidak tidak terdapat pengaruh ketersediaan fasilitias pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di UPT SD Negeri 17 Sa’dan Kabupaten Toraja Utara. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis uji korelasi pearson yang diperoleh 0,234 dan menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,384. Sedangkan untuk hipotesis yang kedua menunjukkan terdapat pengaruh ketersediaan fasilitas pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di UPT SD Negeri 17 Sa’dan Kabupaten Toraja Utara. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis uji korelasi pearson yang diperoleh sebesar 0,531 dan menunjukkan hasil signifikansi sebesar 0,034. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang rendah antara ketersediaan fasilitas pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa dan terdapat hubungan positif sedang antara ketersediaan fasilitas pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. en_US
dc.subject Ketersediaan fasilitas pembelajaran en_US
dc.subject motivasi en_US
dc.subject prestasi belajar siswa en_US
dc.title ANALISIS PENGARUH KETERSEDIAAN FASILITAS PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI UPT SD NEGERI 17 SA’DAN KABUPATEN TORAJA UTARA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account