Abstract:
ERMIN ABDULLAH. 2017. “SMP Negeri 17 Makassar.“ Skripsi. Program
Studi Bahasa dan sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Bosowa.(Dibimbing Dr. Muhammad Bakri, M.Pd
dan Asdar,S.Pd.M.Pd)
Penelitian ini bertujuan: mendeskripsikan efektivitas penggunaan
strategi pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran keterampilan
menulis narasi kelas VII-1 SMP Negeri 17 Makassar.
Desain Penelitian ini adalah eksperimen one- grup atau preeksperimental design. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan jumlah
siswa kelas VII-1 SMP Negeri 17 Makassar yang berjumlah 36 orang.
Sampel penelitian ini ditetapkan sebanyak 36 orang, yaitu kelas VII-1.
Penarikan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Instrumen
yang digunakan adalah tes. Analisis data menggunakan teknik statistic
deskriptif, yaitu uji t.
Temuan penelitian ini: (1) kemampuan menulis karangan narasi
sebelum menerapkan strategi mind mapping siswa kelas VII-1 SMP
Negeri 17 Makassar dikategorikan belum memadai, yaitu siswa sampel
yang memeroleh nilai 80 ke atas berjumlah 23 orang (60%) dan siswa
yang memeroleh nilai di bawah berjumlah 13 orang (40%); (2)
kemampuan menulis karangan narasi setelah menerapkan strategi mind
mapping siswa kelas VII-1 SMP Negeri 17 Makassar dikategorikan
memadai, yaitu siswa sampel yang memeroleh nilai 80 ke atas berjumlah
23 orang (60%) dan siswa yang memeroleh nilai di bawah berjumlah 13
orang (40%); dan (3) Strategi mind mapping berpengaruh diterapkan dalm
pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas VII-1 SMP Negeri 17
Makassar karena t hitung > t table
Sesuai dengan temuan penelitian ini, disarankan: (1) guru
hendaknya selalu memberi pelatihan proses penulisan karangan narasi
sehingga siswa semakin mahir mengekspresikan gagasan dan idenya
dalam bentuk karangan pnarasi; (2) guru hendaknya menerapkan
berbagai strategi pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran menulis
karangan narasi sehingga siswa selalu termotivasi dan kreatif dalam
menciptakan karangan narasi; dan (3) siswa hendaknya giat berlatih
berlatih dan mengembangkan bakat dan minat menulis karangan narasi
sehingga dapat menuangkan gagasan dan ide dengan lancar.