DSpace Repository

Efektivitas Strategi Mind Mapping Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas Vii-1 Smp Negeri 17 Makassar

Show simple item record

dc.contributor.author Abdullah, Ermin
dc.date.accessioned 2021-03-12T03:25:10Z
dc.date.available 2021-03-12T03:25:10Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 4513102084
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/73
dc.description.abstract ERMIN ABDULLAH. 2017. “SMP Negeri 17 Makassar.“ Skripsi. Program Studi Bahasa dan sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bosowa.(Dibimbing Dr. Muhammad Bakri, M.Pd dan Asdar,S.Pd.M.Pd) Penelitian ini bertujuan: mendeskripsikan efektivitas penggunaan strategi pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran keterampilan menulis narasi kelas VII-1 SMP Negeri 17 Makassar. Desain Penelitian ini adalah eksperimen one- grup atau preeksperimental design. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan jumlah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 17 Makassar yang berjumlah 36 orang. Sampel penelitian ini ditetapkan sebanyak 36 orang, yaitu kelas VII-1. Penarikan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes. Analisis data menggunakan teknik statistic deskriptif, yaitu uji t. Temuan penelitian ini: (1) kemampuan menulis karangan narasi sebelum menerapkan strategi mind mapping siswa kelas VII-1 SMP Negeri 17 Makassar dikategorikan belum memadai, yaitu siswa sampel yang memeroleh nilai 80 ke atas berjumlah 23 orang (60%) dan siswa yang memeroleh nilai di bawah berjumlah 13 orang (40%); (2) kemampuan menulis karangan narasi setelah menerapkan strategi mind mapping siswa kelas VII-1 SMP Negeri 17 Makassar dikategorikan memadai, yaitu siswa sampel yang memeroleh nilai 80 ke atas berjumlah 23 orang (60%) dan siswa yang memeroleh nilai di bawah berjumlah 13 orang (40%); dan (3) Strategi mind mapping berpengaruh diterapkan dalm pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas VII-1 SMP Negeri 17 Makassar karena t hitung > t table Sesuai dengan temuan penelitian ini, disarankan: (1) guru hendaknya selalu memberi pelatihan proses penulisan karangan narasi sehingga siswa semakin mahir mengekspresikan gagasan dan idenya dalam bentuk karangan pnarasi; (2) guru hendaknya menerapkan berbagai strategi pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran menulis karangan narasi sehingga siswa selalu termotivasi dan kreatif dalam menciptakan karangan narasi; dan (3) siswa hendaknya giat berlatih berlatih dan mengembangkan bakat dan minat menulis karangan narasi sehingga dapat menuangkan gagasan dan ide dengan lancar. en_US
dc.publisher Universitas Bosowa en_US
dc.subject Menulis Narasi en_US
dc.subject Strategi Mind Mapping en_US
dc.title Efektivitas Strategi Mind Mapping Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas Vii-1 Smp Negeri 17 Makassar en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account