Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April hingga Juli 2016 di Kota Maumere, mengingat
Hotel Pelita adalah salah satu hotel di Maumere yang sudah lama didirikan. Penelitian ini
dilakukan bertujuan untuk menganalisis strategi bersaing terhadap tingkat hunian hotel. Dengan
melakukan penelitian ini penulis dapat mengetahui efektif atau tidaknya penerapan strategi
bersaing terhadap peningkatan tingkat hunian pada Hotel Pelita Maumere. Penelitian ini
menggunakan metode Analisis Regresi Linear Berganda. Penelitian menunjukan bahwa strategi
bersaing berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah tingkat hunian hotel. Penulis
mengambil dua variabel dalam penelitian ini yakni variabel harga dan promosi. Kedua variabel ini
salah satunya berpengaruh signifikan terhadap tingkat hunian yaitu variabel harga. Hal ini dapat dilihat
dari hasil analisis statistik yang menunjukan bahwa harga yang ditetapkan sesuai kemampuan
pelanggan dalam memesan kamar hotel. Berdasarkan perolehan data selama lima tahun terakhir
periode 2011 hingga 2015, terlihat bahwa perubahan penjualan dari tahun ketahun mengalami
peningkatan. Namun hal ini belum memberikan jaminan untuk kondisi yang selanjutnya, jadi
diharapkan untuk pihak hotel dapat mempertahankan strategi yang sedang digunakan.