DSpace Repository

ANALISIS KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V UPT SPF SD INPRES GALANGAN KAPAL II DI KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author MEILINDAH
dc.date.accessioned 2023-10-19T05:23:56Z
dc.date.available 2023-10-19T05:23:56Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4519103047
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/7334
dc.description.abstract Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS sangat bervariasi. Dari 29 siswa, 3 kategori yang telah ditentukan 2 siswa yang akan mewakili tiap kategori. 2 siswa kategpri tinggi, 2 siswa kategori sedang, dan 2 siswa kategori rendah. Proses pemecahan masalah masih sulit bagi siswa, terutama dalam tahap merencanakan masalah, sehingga tidak semua soal dapat diselesaikan dengan baik. Meskipun sebagian siswa menerapkan tahapan yang benar dalam menyelesaikan masalah, mereka masih belum optimal dalam menjawab soal tersebut. Banyak siswa juga mengalami kesulitan dalam merencanakan penyelesaian soal, sehingga rencana yang dibuat tidak sesuai dengan pengerjaan soal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa peserta didik memiliki kemampuan yang beragam dalam menyelesaikan soal-soal HOTS. 20% siswa melakukannya dengan baik, sementara 80% siswanya mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal HOTS. Alasan siswa mengapa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal HOTS karena siswa tidak mampu memahami konsep soal dengan baik, kurangnya kemampuan berpikir kritis, kurangnya latihan dan pengalaman, kurangnya waktu yang cukup, kurangnya motivasi atau kepercayaan diri. Adapun upaya meminimalisir skor rendah dalam menyelesaikan soal HOTS yaitu, meningkatkan pemahaman konsep, latihan soal secara teratur, membekali strategi pemecahan masalah, meningkatkan pemahaman instruksi soal, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan memberikan dukungan dan motivasi. Upaya ini dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS, sehingga mereka dapat memperbaiki kesalahan, memperluas pemahaman, dan mengembangkan keterampilan dalam menyelesaikan soal HOTS. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Pemecahan masalah en_US
dc.subject Matematika Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. en_US
dc.title ANALISIS KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V UPT SPF SD INPRES GALANGAN KAPAL II DI KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account