Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan video edukasi terhadap keterampilan menyimak siswa. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian PreExperimental One Group Pretest-Posttest, yaitu memberikan tes sebelum adanya
perlakuan, kemudian memberikan tes setelah adanya perlakuan dengan
menggunakan video edukasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-a
sebanyak 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah observasi, tes dan dokumentasi yang dianalisis dengan statistik
deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh
penggunaan video edukasi terhadap keterampilan menyimak siswa. Hal ini dapat
dilihat berdasarkan hasil analisis bahwa nilai tHitumg tTabel = 16,26 1,703 dan
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan
video edukasi terhadap keterampilan menyimak siswa siswa kelas V di UPT SPF
SDN Pampang Kota Makassar.