Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan memperoleh
data serta informasi lengkap tentang keterampilan siswa kelas VIII-B SMP
Negeri 2 Suli Kabupaten Luwu dalam berbicara dengan menggunakan
model penugasan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Suli. Jumlah siswa
sebanyak 24 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik
observasi, tes, dan wawancara. Data dalam penelitian ini dianalisis
dengan teknik penskoran yang dicapai oleh siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model
penugasan dalam pembelajaran berbicara dapat meningkat secara
maksimal sesuai dengan indikator pembelajaran yang ingin dicapai. Pada
siklus I, hasil observasi menunjukkan bahwa siswa kurang siap dan aktif
dalam mengikuti pembelajaran. Hanya sedikit siswa yang bertanya dan
menjawab pertanyaan. Setelah dilaksanakan siklus II, siswa mengalami
perubahan kearah yang positif. Siswa lebih siap dan aktif dalam mengikuti
pembelajaran. Siswa lebih berani bertanya dan menjawab pertanyaan.
Siswa lebih antusias mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
Hasil tes pada siklus I belum sesuai dengan tujuan pembelajaran
yang ingin dicapai yaitu belum ada siswa yang mendapat nilai 86-100,
siswa yang mendapat nilai 76-84 hanya sebanyak 7 siswa, siswa yang
mendapat nilai 65-75 sebanyak 9 siswa, siswa yang mendapat nilai 56-64
sebanyak 7 siswa, dan siswa yang mendapat nilai 0-55 sebanyak 1 siswa.
Pada siklus II terjadi peningkatan hasil tes belajar siswa yang mendapat
nilai 86-100 sebanyak 4 siswa, 7 siswa mendapat nilai 76-84, 2 siswa
mendapat nilai 65-75, dan 2 siswa mendapat nilai 56-64.