PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PENGAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PENUGASAN PADA SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 2 SULI KABUPATEN LUWU

Show simple item record

dc.contributor.author MUTAHHARA
dc.date.accessioned 2023-10-19T06:42:26Z
dc.date.available 2023-10-19T06:42:26Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.other 4510102086
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/7367
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan memperoleh data serta informasi lengkap tentang keterampilan siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Suli Kabupaten Luwu dalam berbicara dengan menggunakan model penugasan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Suli. Jumlah siswa sebanyak 24 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan wawancara. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik penskoran yang dicapai oleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model penugasan dalam pembelajaran berbicara dapat meningkat secara maksimal sesuai dengan indikator pembelajaran yang ingin dicapai. Pada siklus I, hasil observasi menunjukkan bahwa siswa kurang siap dan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Hanya sedikit siswa yang bertanya dan menjawab pertanyaan. Setelah dilaksanakan siklus II, siswa mengalami perubahan kearah yang positif. Siswa lebih siap dan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Siswa lebih berani bertanya dan menjawab pertanyaan. Siswa lebih antusias mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Hasil tes pada siklus I belum sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu belum ada siswa yang mendapat nilai 86-100, siswa yang mendapat nilai 76-84 hanya sebanyak 7 siswa, siswa yang mendapat nilai 65-75 sebanyak 9 siswa, siswa yang mendapat nilai 56-64 sebanyak 7 siswa, dan siswa yang mendapat nilai 0-55 sebanyak 1 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil tes belajar siswa yang mendapat nilai 86-100 sebanyak 4 siswa, 7 siswa mendapat nilai 76-84, 2 siswa mendapat nilai 65-75, dan 2 siswa mendapat nilai 56-64. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject keterampilan en_US
dc.subject berbicara en_US
dc.subject model penugasan en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PENGAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PENUGASAN PADA SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 2 SULI KABUPATEN LUWU en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account