Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: Bentuk-bentuk wanprestasi
Penjual dan faktor-faktor yang menjadi penyebab Penjual wanprestasi atas
perjanjian jual-beli barang yang dilakukan melalui Media Sosial Instagram
Jenis penelitian adalah penelitian normatif-empiris. Jenis data yang
digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan adalah; dokumentasi, penyebaran angket dan wawancara dengan
responden yang terdampak atas wanprestasi Penjual di Instagram dan Penjual
yang beroperasi di Instagram
Berdasarkan hasil penelitian skripsi ini dapat disimpulkan bahwa ; 1)
Bentuk-bentuk wanprestasi Penjual di Instagram antara lain; Keterlambatan saat
pengiriman barang, barang yang tidak sesuai dengan gambar di iklan, barang yang
rusak saat diterima pembeli dan barang yang tidak layak digunakan namun tetap
dijual ke pembeli, 2) Faktor-Faktor wanprestasi Penjual di Instagram antara lain;
Overmacht, Itikad buruk Penjual dan kelalaian Penjual yang disebabkan pihak
ketiga penyedia jasa pengiriman barang, juga terdapat Penjual yang dengan
sengaja melanggar perjanjian.