Abstract:
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis strategi multilevel
marketing terhadap peningkatan volume penjualan propolis. Dengan melakukan
penelitian ini penulis dapat mengetahui efektif atau tidaknya penerapan strategi multi
level marketing terhadap peningkatan penjualan propolis pada PT Melia Sehat
Sejahtera. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Regresi Linear Berganda.
Penelitian menunjukan bahwa Strategi Multilevel Marketing dapat meningkatkan
volume penjualan propolis pada PT Melia Sehat Sejahtera Makassar. Berdasarkan
hasil olah data SPSS, diketahui bahwa penjualan propolis memiliki tingkat
signifikan yaitu terlihat pada nilai sig variabel X2 (harga). Dari ketiga variabel yang
mempengaruhi penjualan, yang paling mendominasi ialah variabel promosi. Hal ini
dapat dilihat dari hasil analisis statistik yang menunjukan bahwa promosi ialah
nilai koefisien regresi yang tertinggi diantara variabel bebas lainnya. Peristiwa ini
berarti bahwa Promosi dapat meningkatkan volume penjualan produk propolis pada
PT Melia sehat sejahtera Makassar. Berdasarkan perolehan data selama lima tahun
terakhir periode 2011 hingga 2015, terlihat bahwa perubahan penjualan dari tahun
ketahun mengalami peningkatan meskipun terjadi penurunan pada dua periode yakni
tahun 2012 dan 2014. Hal ini dikarenakan kurangnya penekanan pihak perusahaan
dalam penerapan upaya-upaya agar lebih meningkatkan system informasi dan
komunikasi yang mendominasi kegiatan promosi.