Abstract:
Rusdi 2016. Skripsi. Analisis Diversifikasi Produk Dangke Terhadap Volume Penjualan
Pada KWT. Talaga Biru Enrekang (dibimbing oleh Haeruddin Saleh, SE., M.Si. dan Dr.
Miah Said, SE., M.Si. sebagai pembimbing I dan II). Diversifikasi produk dangke selain
sebagai upaya dalam meningkatkan konsumsi gizi masyarakat juga bertujuan untuk
meningkatkan daya tahan produk serta untuk meningkatkan penjualan produk baik
produk dangke maupun kripik dangke hasil diversifikasi.Volume penjualan merupakan
total jumlah penjualan yang dihitung dalam jangka waktu tertentu. Volume penjualan
merupakan salah satu faktor penentu dalam pencapaian kelangsungan usaha suatu
perusahaan. KWT Talaga Biru Enrekang merupakan salah satu usaha penghasil dangke
dan kripik dangke yang dari tahun ke tahun mengalami penjualan yang tidak teratur
sehingga perlu melihat strategi diversifikasi yang diterapkan. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh diversifikasi (rasa dan kemasan) produk dangke
terhadap volume penjualan pada KWT. Talaga Biru di kabupaten Enrekang. Teknik analisa
yang digunakan adalah dengan menggunakan beberapa teknik analisa antara lain:
analisis deskriktif, analisis regresi linear berganda dan korelasi. Berdasarkan hasil
penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pada tahun 2010 sampai dengan tahun
2014 jumlah produk yang dihasilkan dalam rasa coklat, balado, dan original yaitu sebesar
131.187 bungkus dengan jumlah kemasan sebanyak 141.237 bungkus serta volume
penjualan sebanyak 23.449 Kg dangke dan dari hasil analisis regresi linier berganda dapat
diketahui bahwa variabel rasa (X1) dan variabel kemasan (X2) berpengaruh terhadap
volume penjualan (Y) yang dibuktikan melalui perbandingan perhitungan uji Thitung
dengan Ttabel secara parsial serta berdasarkan hasil perhitungan analisis korelasi antara
variabel rasa (X1), kemasan (X2) dan volume penjualan (Y) diperoleh sebesar 0,983 yang
dapat disimpulkan bahwa variabel rasa (X1) dan variabel kemasan (X2) mempunyai
hubungan yang erat terhadap volume penjualan (Y).