Abstract:
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara
meningkatkan kosakata siswa pada Permainan Lingkaran di kelas sepuluh SMK
Negeri 7 Bulukumba.Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dalam
satu kelas pre-test dan post-test. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7
Bulukumba. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas sepuluh dari SMKN 7
Bulukumba tahun akademik 2023/2024. Peneliti menggunakan teknik total
sampling dalam pengambilan sampel. Total sampel dalam penelitian ini adalah 20
orang dari siswa kelas X TKJ. Dalam melakukan analisa data, peneliti
menggunakan aplikasi SPSS versi 24.0. Berdasarkan hasil analisis data, penulis
menyimpulkan bahwa penggunaan Permainan Lingkaran dapat meningkatkan
pengetahuan kosa kata siswa, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa dalam
pretest dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Permainan
Lingkaran secara signifikan dapat meningkatkan pengetahuan kosa kata siswa
setelah dilakukan perlakuan. yang dimana hasil yang ditunjukkan pada paired
samples test yaitu 0.001 is smaller than 0.05. Skor rata-rata meningkat dari 49.75
pada pre-test menjadi 68.75 pada post-test. Hal ini mengidinkasikan bahwa one
hypothesis (H1) diterima dan tentunya null hypothesis (H0) ditolak. Artinya,
penerapan Permainan Lingkaran dapat meningkatkan pengetahuan kosa kata siswa
dalam pembelajaran bahasa inggris di SMK Negeri 7 Bulukumba.