Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tentang peran
dan upaya kepala sekolah dan guru dalam program sekolah penggerak sebagai
inovasi meningkatkan kualitas pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini
adalah kepala sekolah, guru kelas I-B, dan guru kelas IV-A. Proses pengumpulan
data meliputi hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian
menunjukkan adanya bahwa: 1) Kepala sekolah berperan dalam mengelola serta
mengembangkan rencana strategis yang meliputi pengembangan kurikulum,
penilaian dan pengawasan terhadap pelaksanaan program sekolah penggerak.
Selain itu kepala sekolah berupaya memfasilitasi pengembangan profesional guru
agar dapat mengimplementasikan pendekatan baru dalam pembelajaran; 2) Guru
berperan dalam merancang pembelajaran berdeferensiasi dan
mengimplementasikan pendekatan yang sesuai dengan program sekolah
penggerak. Selain itu guru berupaya untuk mengembangkan diri melalui pelatihan
dan pengembangan profesional terkait program sekolah penggerak; 3) Hasil
program sekolah penggerak membawa perubahan pada sistem pembelajaran
dengan menerapkan pendekatan yang lebih inovatif dan relevan, penggunaan
digitalisasi sekolah, dan pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pencasila
(P5) berhasil meningkatkan pemahaman dan implementasi nilai-nilai pancasila
siswa.