Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian
pembelajaran keterampilan menulis, sehingga mutu sumber daya manusia
dipertanyakan. Faktor motivasi dan profesionalisme guru dalam dalam
proses pembelajaran sehingga dianggap paling berpengaruh terhadap
kualitas pendidikan. Untuk itu penulis berupaya mengkaji secara ilmiah
kemampuan mengubah kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif siswa
kelas IX SMP Negeri 25 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui sejauh mana kemampuan mengubah kalimat tidak efektif
menjadi kalimat efektif siswa kelasIX SMP Negeri 25 Makassar. Teknik
analisis data menggunakan analisis deskriptif. Analisis ini digunakan untuk
mengetahui kemampuan mengubah kalimat tidak efektif menjadi kalimat
efektif siswa kelas IX SMP Negeri 25 Makassar. Jumlah sampel 11% dari
321 responden dengan teknik random sampling dan menggunakan
kuesioner untuk memperoleh data.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa siswa yang mendapat
nilai 60 ke atas sebanyak 7 orang atau 19% dan yang memperoleh nilai di
bawah 60 sebanyak 33 atau 81%. Dengan demikian, hasil keseluruhan
pengolahan data tersebut menunjukkan bahwa kemampuan mengubah
kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif siswa kelas IX SMP Negeri 25
Makassar belum memadai (belum mampu).