dc.contributor.author | SIRI, SERLINA | |
dc.date.accessioned | 2023-10-23T01:04:07Z | |
dc.date.available | 2023-10-23T01:04:07Z | |
dc.date.issued | 2016 | |
dc.identifier.other | 4512102034 | |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/7642 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian pembelajaran keterampilan menulis, sehingga mutu sumber daya manusia dipertanyakan. Faktor motivasi dan profesionalisme guru dalam dalam proses pembelajaran sehingga dianggap paling berpengaruh terhadap kualitas pendidikan. Untuk itu penulis berupaya mengkaji secara ilmiah kemampuan mengubah kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif siswa kelas IX SMP Negeri 25 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan mengubah kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif siswa kelasIX SMP Negeri 25 Makassar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Analisis ini digunakan untuk mengetahui kemampuan mengubah kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif siswa kelas IX SMP Negeri 25 Makassar. Jumlah sampel 11% dari 321 responden dengan teknik random sampling dan menggunakan kuesioner untuk memperoleh data. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai 60 ke atas sebanyak 7 orang atau 19% dan yang memperoleh nilai di bawah 60 sebanyak 33 atau 81%. Dengan demikian, hasil keseluruhan pengolahan data tersebut menunjukkan bahwa kemampuan mengubah kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif siswa kelas IX SMP Negeri 25 Makassar belum memadai (belum mampu). | en_US |
dc.publisher | UNIVERSITAS BOSOWA | en_US |
dc.subject | kalimat | en_US |
dc.subject | kalimat efektif | en_US |
dc.subject | kalimat tidak efektif | en_US |
dc.title | KEMAMPUAN MENGUBAH KALIMAT TIDAK EFEKTIF MENJADI KALIMAT EFEKTIF SISWA KELAS IX SMPN 25 MAKASSAR | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |