DSpace Repository

EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 35 MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author KEUPUNG, ALBERTUS M. K.
dc.date.accessioned 2023-10-23T02:11:44Z
dc.date.available 2023-10-23T02:11:44Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.other 4512102118
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/7684
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan siswa dalam menulis khususnya menulis karangan deskripsi. Hal ini disebabkan oleh kurangnya partisifasi guru dalam menerapkan metode atau strategi yang tepat dalam pembelajaran menulis. Menulis bukan hanya sekadar melahirkan atau mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui suatu lambang tulis dalam selembar kertas tetapi bagaimana siswa dapat mengetahui tentang menulis, fungsi menulis, tujuan menulis, kemampuan menulis, dan ciri-ciri tulisan yang baik. Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis memilih salah satu strategi dalam pendekatan pembelajaran menulis yakni metode kooperatif tipe jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskrifsikan perbedaan kemampuan menulis karangan deskripsi dibelajarkan dengan menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw. (2) mendeskrifsikan tingkat efektivitas penggunaan metode kooperatif dalam kemampuan menulis karangan deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua cara: (1) tes hasil belajar menulis karangan deskripsi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar tahun ajaran 2015/2016 terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-1 dan kelas VIII-2 dengan jumlah siswa 76 dengan memfokuskan satu kelas sebagi sampel. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposif random sampling. (2) penugasan adalah kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis memperlihatkan bahwa kelas yang dibelajarkan dengan menerapkan strategi kooperatif tipe jigsaw memperoleh skor rata-rata 77,1944. Sedangkan kelas yang dibelajarkan tanpa menggunakan strategi kooperati tipe jigsaw memperoleh skor rata-rata 41,6216. Hasil analisis inferensial untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji–t diperoleh nilai t hitung = 15,874 pada taraf α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa antara hasil menulis karangan deskripsi siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan strategi kooperatif tipe jigsaw lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan tanpa menerapkan strategi kooperatif tipe jigsaw. Dari hasil penelitian ini, diharapkan dapat menjadi masukan bagi guru bahasa Indonesia sebagai pertimbangan untuk mengembangkan penerapan strategi kooperatif tipe jigsaw pada proses pembelajaran demi meningkatkan hasil belajar siswa en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject strategi kooperatfi en_US
dc.subject tipe jigsaw en_US
dc.subject karangan deskripsi. en_US
dc.title EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 35 MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account