DSpace Repository

ANALISIS PERJANJIAN JUAL BELI MELALUI INTERNET YANG DILAKUKAN OLEH ANAK

Show simple item record

dc.contributor.author AMBAR, ANDI FIDAH RARA BATARA
dc.date.accessioned 2023-10-23T04:46:17Z
dc.date.available 2023-10-23T04:46:17Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4519060116
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/7756
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana Kedudukan Hukum Perjanjian Jual Beli Melalui Internet Yang Dilakukan Oleh Anak dan Bagaimana Penyelesaian Masalah Bagi Perjanjian Jual Beli Melalui Internet Yang Dilakukan Oleh Anak. Pendekatan penelitian ini merupakan metode pendekatan penelitian normatif empiris. Pada rumusan masalah pertama menggunakan pendekatan normatif yaitu dengan dilakukan analisis hukum terkait kedudukan hukum perjanjian jual melalui internet yang dilakukan oleh anak. Sedangkan untuk rumusan masalah kedua menggunakan pendekatan empiris yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan hasil wawancara dan telaah dokumen sebagai data lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedudukan hukum perjanjian jual beli melalui internet yang dilakukan oleh anak adalah tetap dianggap sah sepanjang tidak ada pihak yang merasa keberatan terkait perjanjian yang dilakukan oleh anak tersebut. Meskipun telah melanggar syarat kedua dalam Pasal 1320 KUHPerdata mengenai kecakapan dalam hal ini dikategorikan telah melanggar syarat subjektif. Akan tetapi perjanjiannya tetap dianggap sah sepanjang tidak ada pembatalan. Adapun penyelesaian masalah yang dapat ditempuh terdiri dari jalur litigasi dan non litigasi. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Perjanjian Jual Beli en_US
dc.subject Kedudukan Hukum en_US
dc.subject Anak en_US
dc.subject E-Commerce en_US
dc.title ANALISIS PERJANJIAN JUAL BELI MELALUI INTERNET YANG DILAKUKAN OLEH ANAK en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account