Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas
environmental media dalam meningkatkan kemampuan siswa SMPN 25
Makassar dalam menulis teks deskriptif. . Hasil penelitian ini diharapkan
dapat bermanfaat bagi siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis,
dan dapat membantu guru untuk lebih kreatif.
Metode penelitian yang diterapkan adalah pre-eksperimen. Subjek
penelitian siswa kelas VIII-G SMP Negeri 25 Makassar tahun akademik
2014/2015. Jumlah sampel yang diambil 30 siswa dengan teknik total
sampling.
Hasis analisis data menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks
deskriptif meningkat dengan menggunakan metode environmental media
dalam proses belajar mengajar. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata
siswa pada pre-test 58 meningkat menjadi 77 pada post-test. Perolehan
nilai rata-rata siswa tersebut menunjukkan bahwa penggunaan The
Environmental Media dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam
menulis teks deskriptif di kelas VIII-G SMP Negeri 25 Makassar.