dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan
alat peraga papan interaktif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII Mts
DDI Darul Ihsan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain
penelitian pre-eksperimen one group pretes-posttes, yaitu memberikan tes awal
sebelum adanya perlakuan, dan tes akhir setelah adanya perlakuan yaitu
pembelajaran menggunakan alat peraga papan interaktif. Sampel penelitian ini
adalah siswa kelas VII sebanyak 10 orang siswa. Penelitian dilaksanakan
sebanyak 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah,
Tes. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan Uji-T. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaa alat peraga papan interaktif
terhadap hasil belajar siswa Mts DDI Darul Ihsan. Hal ini dapat dilihat
berdasarkan hasil analisis Uji-T diperoleh nilai 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 6,603 dan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙
(df=18) sebesar 1,734 sehingga 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dan dilihat dari nilai signifikansi
memiliki nilai sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai signifikansi 0,05 (0,000 <
0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, yang
artinya alat peraga papan interaktif yang digunakan dalam penelitian ini
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. |
en_US |