Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan
Voice of America (VOA) Artikel pada pemahaman membaca siswa kelas sebelas
di SMAN 18 Makassar. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimental.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 11 SMAN 18 Makasar. Sampel dari
penelitian ini adalah siswa di kelas XI IPA 1.
Alat penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah tes dan kuesioner. Tes
ini digunakan untuk mengukur pemahaman pembacaan siswa sebelum dan setelah
perawatan dan kuesioner digunakan untuk memperoleh informasi tentang minat
siswa dalam belajar membaca dengan menggunakan Artikel VOA. Bentuk ujian
adalah pilihan ganda dan terdiri dari dua puluh item. Teknik yang digunakan
dalam mengumpulkan data adalah pre-testdan post-test. Pre-testditerapkan
sebelum peneliti memulai proses belajar mengajar dan post-testdiberikan setelah
perawatan. Dalam pengujian hipotesis, tes t digunakan. Perhitungan ini dilakukan
dengan menggunakan SPSS v.20.
Temuan dari penelitian ini adalah hasil tes T yang mengungkapkan bahwa
sig. (tailed) adalah 0,000. Hasilnya menunjukkan bahwa tabel yang disebut (2
tailed) kurang signifikan dari tingkat signifikansinya. Sebagai hasilnya, hipotesis
alternatif (H1) diterima, sedangkan hipotesa null (H0) ditolak. Ini berarti bahwa
menerapkan Voice of America (VOA) Artikel di kelas sebelas IPA 1 di SMAN 18
Makassar pada tahun akademik 2023/2024 dapat meningkatkan kemampuan
pemahaman membaca siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa
mengajarkan pemahaman membaca bahasa Inggris dengan menggunakan VOA
Artikel memiliki pengaruh yang signifikan dan lebih efektif